Rabu, 22 September 2010

PENTINGNYA KOMUNIKASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan (ide atau gagasan) dari satu pihak (penyampai) kepada pihak lain (penerima) agar terjadi saling mempengaruhi satu sama lain. Komunikasi pada umumnya dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain.

Komunikasi berasal dari bahasa latin “Cummune” yang memiliki arti sekumpulan manusia yang tinggal bersama. Sedangkan “Com-municare” berarti pemberitahuan. Komunikasi bukan hanya dalam bentuk tulisan ataupun lisan, namun komunikasi dapat berupa musik, seni lukis, ballet, teater, bahkan dengan tingkah lakupun kita dapat berkomunikasi.

Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi yang baik sangat penting untuk berinteraksi antar personal maupun antar masyarakat agar terjadi keserasian dan mencegah terjadinya konflik dalam lingkungan bermasyarakat. Tanpa komunikasi yang efektif diantara berbagai pihak yang terlibat didalamnya, pola hubungan dalam suatu masyarakat atau suatu organisasi tidak akan mampu melayani kebutuhan berbagai pihak dengan baik.

Komunikasi juga dapat didefinisikan sebagai proses yang dipergunakan oleh manusia untuk mencari kesamaan arti lewat transmisi pesan simbolik. Pesan itu sendiri merupakan suatu informasi yang sudah disandikan dan dikirimkan oleh pengirim kepada penerima dengan tujuan mendapatkan umpan balik (feedback).

Komunikasi pasti melibatkan orang, dan bahwa memahami komunikasi termasuk mencoba memahami cara manusia saling berhubungan. Komunikasi meliputi kesamaan makna, yang berarti bahwa agar manusia dapat berkomunikasi, mereka harus menyetujui definisi istilah yang dipergunakan. Sebagai contoh, kata-kata yang terdapat dalam kamus merupakan kata umum yang mana dipergunakan oleh semua orang. Selain itu, simbol juga merupakan salah satu bentuk komunikasi karena dapat mewakili atau mendekati ide yang dimaksud. Contoh-contoh symbol salah satunya seperti gerakan badan, suara, huruf, angka dan morse.

Contoh manfaat berkomunikasi dalam hubungan bilateral antar negara adalah seperti komunikasi yang terjadi antara Indonesia dengan Malaysia. Dengan adanya komunikasi yang terjalin dengan baik, maka akan timbul kerjasama dalam berbagai bidang yang mana akan berdampak positif bagi kedua negara tersebut.

Sebaliknya, Miss Communication atau kesalahan dalam salah satu proses komunikasi akan menyebabkan tidak tercapainya tujuan atau misi yang hendak di capai. Seperti yang terjadi dalam hubungan Indonesia dengan Australia, dimana pihak Australia menganggap pernyataan Indonesia mengenai “Negara Bebas Teroris” di terjemahkan oleh Australia sebagai “Indonesia Gudang Teroris”. Hal ini menyebabkan dampak yang kurang baik dalam hubungan kedua negara tersebut.

Dari kedua contoh di atas dapat kita simpulkan bahwa komunikasi sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan. Contoh sederhana dalam kehidupan sehari – hari mahasiswa ialah seperti hubungan dosen dengan anak didiknya. Dengan adanya komunikasi, maka kegiatan belajar- mengajar akan berlangsung dengan baik dan lancar.

Tidak ada komentar: