Kamis, 29 September 2011

Kilas Balik wawancara dengan Michael Weikath (Helloween) pada tahun 1993

Grup ingar-bingar dari Jerman itu mengagetkan dengan konsep album terakhirnya. Banyak fans yang bilang bahwa Helloween telah menyempal dari jalur sebelumnya. Itu bukan fans namanya, kata Michael Weikath kepada HAI. Terus apa dong?
Grup asal Jerman yang
punya logo topeng dari buah labu ini kembali hadir dengan album gresnya, Chameleon. Dibandingkan dengan karya sebelumnya, Pink Bubbles Go Ape, apalagi Keeper of The Seven Keys I & II, yang ini kedengaran banget. Tidak ada lagi lagu macam Dr. Stein atau Future World yang menderu-deru itu, meski bukan berarti tanpa lagu keras sama sekali. Toh buat mereka perbuatan itu bukan sesuatu yang aneh.
Nah, untuk mengetahui sejauh mana 'pembelaan' mereka terhadap rasa kaget para penggemarnya, Friska AS dari HAI berhasil mengontak Michael Weikath di sarangnya, Hamburg, yang saat itu lagi dilanda hujan.

Apa album Chameleon benar-benar memuaskan menurut kamu?
Oh ya dong, itu hal terbaik yang pe
rnah saya lakukan.

Berapa lama sih kamu bikin album itu?
Total 3 setengah bulan, kita kerja 24 jam sehari he… he…

Kamu menaruh banyak harapan dari album ini?
Saya nggak begitu yakin, bisa jadi menurut kamu nggak. Di sini orang banyak bertanya, apa nggak risih tuh, mengubah corak musikmu, soalnya bisa gagal total. Yang jelas kita buakn mau album kita terlalu komersial soalnya riskan sekali dan orang yang nggak tahu pasti nuduhnya kita begitu. Kita mau apa yang kami kerjakan, ya harus kita kerjakan!

Apakah album Chameleon itu memang sudah disiapkan sejak lama atau pas kamu lagi bosan nongkrong di studio?
Oh kita selalu mempersiapkan segala sesuatu sebelum masuk studio! Saya melakukan hal seperti itu pertama kali umur 12 tahun. Semua lagu yang ada di album
itu sudah ditulis 1 atau 2 tahun yang lalu dan kita sudah tahu kayak apa jadinya nanti. Sewaktu masuk studio kami hanya mengerjakan beberapa kegiatan dengan lagu-lagu kami berupa aransemen ulang dan perubahan-perubahan yang kita tahu memang harus dikerjakan.

Mengapa kamu memutuskan bikin lagu kayak Windmill, yang melenceng buat grup speedmetal seperti Helloween?
Di album The Keeper Of The Seven Keys I kita udah bikin lagu model begitu, dimana suara gitar akustik mendominasi. Saya nggak setuju kalo kami disebut speedmetal band, dimana permainannya selalu keras dan cepat. Menurut saya istilah speedmetal lebih mengarah pada band-band tahun 80-an di A
merika. Band kayak gitu pilihan melodinya miskin. Sedangkan kita lebih suka mendasarkan pilihan lagu berdasarkan karakternya. Dan Windmill itu sebuah balada yang memang kita suka membawakannya. Saya sudah menulis lagu balada sejak umur 16 tahun. Lagu balada pertama saya judulnya Heartman, sekarang saya 31 tahun, tepatnya 7 Agustus kemarin. Saya suka kok lagu-lagu balada. Helloween tahun 1984-1985 memang nggak bawain lagu balada. Kita dikenal suka bawain lagu-lagu speedmetal itu karena teman-teman belum mau bawain lagu balada. Saya rasa biasa kalo sebuah grup band punya satu dua lagu balada. Secara pribadi sih saya memang terbiasa denger lagu-lagu evergreen sejak muda lengkap dengan segala nuansa romantisme dan melankolismenya dalam lirik dan melodinya. Saya ini termasuk pria yang melankolis, lho! Itu terlihat dari lagu-lagu saya.

Di sini banyak yang kaget lho denger lagu kamu itu, ngepop banget.
Yah, itulah musik.

Apa bener penggantian gitaris Kai Hansen dengan Roland Grapow banyak mempengaruhi corak musik Helloween?
Satu sisi ya, soalnya saya pikir hanya sepertiganya mungkin. Saya ngak bisa pastikan apakah Kai Hansen sengan terlibat dalam pembuatan album Chameleon bareng kita, yang jelas dia pasti nggak puas sama hasilnya. Saya dilahirkan sebagai pemain gitar dan penulis lagu, jadi nggak bakalan bisa dibatasi oleh suatu jenis musik tertentu. Sebenarnya sejak membentuk Helloween, saya
pengen membuat sejumlah perubahan pada setiap album, tapi perusahaan rekaman dan anggota band yang lain tidak suka. Sampai tiga tahun lalu, ketika dalam masa-masa jenuh, Michael Kiske datang membawa ide perubahan dan bertanya mengapa kita tidak coba warna lain dalam album beriku? Nah waktu itu Roland Grapow setuju kalo kita coba masukin nomor balada di album berikut. Dia bisa membuktikan bahwa secara kualitas nggak kalah sama Kai Hansen. Jadi perubahan itu memang secara sadar kita lakuakan.

Hubungan kamu dengan dia sekarang gimana?
Kayaknya sih baik-baik saja. Kita jarang ketemu sih, dia sibuk, saya juga sibuk. Memang secara musikal kita beda pendapat dan itu yang menyebabkan dia keluar dari Helloween. Saya pikir, jangan mentang-mentang kita beda pendapat soal musik terus merembet ke hal lai
nnya, bukan begitu?

Gimana menurut kamu band-band Eropa sekarang ini kalo harus bersaing dengan band-band Amerika?
Oh ya, saya nggak begitu yakin dengan banyaknya band Amerika yang ada sekarang ini. Boleh saja mereka secara teknis memainkan musik secara sempurna tapi jarang yang memainkannya dengan "hati". Banyak yang hanya meng-copy saja. Lain halnya dengan orang
-orang negro yang memainkan musik blues. Saya pikir musik rock di Amerika juga banyak dipengaruhi oleh Chuck Berry atau B.B.King. Saya lebih melihat dasar-dasar hardrock itu berasal dari Inggris yang notabene adalah Eropa. Satu kelebihan band Amerika adalah para gitarisnya yang luar biasa dan bisa memainkan musik dengan sangat teknis sekali.

Sekarang gimana perkembangan musik rock n' roll di Jerman menurut kamu?
Di sini ngg
ak begitu banyak grup rock n' roll, soalnya rock n' roll bukan musik yang begitu populer, kalah sama musik gypsy atau musik slaga. Memang banyak sih grup yang suka bawain musik rock, tapi mereka jarang bisa konsisten, kebanyakan hanya meniru grup-grup Amerika atau Inggris. Susah untuk menemukan grup rock n' roll yang benar-benar memainkan musik itu. Ada yang coba mainin deathmetal atau trashmetal, tapi itu bukan rock n' roll. Rock n' roll itu sesuatu yang paling dasar dalam musik rock. Di sini orang sudah mulai melupakan siapa yang bawain jenis musik kayak gitu, orang sudah dengar Metallica atau Guns N' Roses. Kayaknya GN'R lebih banyak didengar di sini, soalnya musik mereka itu bentuk lain dari rock n' roll.

Gimana band-band Jerman yang lain seperti Scorpions dan Nena menurut kamu?
Scorpions? Oh saya suka banget sama mereka, orang-orangnya juga oke. Mereka tuh band paling tua di Jerman dan apa tadi kamu bilang? Nena? … Cewek manis itu?

Ya, Nena yang pernah ngetop lewat 99 Luftballoon.
Sangat menarik ngomong soal dia. Di sini dia bukan dikenal sebagai rocker tapi ratu pencetak hit. Saya bisa bilang begitu soalnya dia masih suka nyanyi dalam Bahasa Jerman dan tidak seperti kita yang selalu bicara Bahasa Inggris, bahkan berpikir dalam Bahasa Inggris, dan lagi suaranya bagus, melodi lagu-lagunya manis dan enak didengar siapa saja. Pantas aja kalo banyak or
ang suka. Tahun 1982 waktu dia pertama kali berkiprah, dia dikenal sebagai pembawa aliran new wave asal Jerman. Dia punya banyak hit di sini (dalam Bahasa Jerman) dan paling nggak semua orang di sini kenal dia. Dia cewek yang lucu dan menyenangkan.

Kamu bilang tadi album Chameleon mewakili banyak sisi dari Helloween, apa sih maksudnya?
Ya karena kita punya banyak gaya di situ dan kalo k
amu bilang banyak orang yang terganggu karenanya, saya malah nggak 'ngerti. Saya ini datang dari masa di mana suatu band memang harus punya sesuatu yang beda dan mencoba yang baru. Saya nggak bakalan jalan dengan satu jenis musik yang sama terus seperti yang misalnya Metallica kerjakan, wah itu bisa membuat saya mati. (kelihatannya dia lupa bahwa format musik Metallica sudah berubah, red)

Menurut kamu, gimana tanggapan fans kamu setelah dengar album dengar album Chameleon?
Seorang fans, seperti yang kamu sebut, yang suka dengan speedmetal band terus bilang "Wah Helloween telah mengkhianati saya". Itu bukan fans Helloween tapi penggemar speedmetal, dan itu bukan fans. Yang namanya fans pasti akan setia apapun musik yang akan kita bawakan, dia akan mengerti dengan apa yang kita kerjakan karena sudah berjalan dengan kita dan menerima, itu
lah yang terbaik. Saya menerima banyak respon positif dari banyak pendengar kita.

Apa arti empat warna dalam sampul albummu?
Ah, nggak ada arti khusus apapun, hanya empat warna dasar, si Kiske yang bikin, kalo mau dicocok-cocokkan ya Chameleon (bunglon), itu kan binatang yang ge
mar ganti-ganti warna, gitu aja he… he…

Kapan kamu datang ke Indonesia?
Maunya sih besok! Ha… ha… ha…

Kamu sudah menikah?
Oh nggak! Kalo si Roland ya, begitu juga Kiske punya cewek. Yang lainnya nggak. Perkawinan itu bukan sesuatu yang penting buat saya, orang tua saya cerai waktu saya umur 10 tahun. Jadi buat saya nggak perlulah.

Kamu ngapain aja kalo lagi senggang?
Main TV Game, saya punya banyak kegiatan yang nggak begitu sehat, jadi nggak usah diceritain, nanti orang bilang gila! Tapi biasanya saya jalan-jalan, banyak baca
, ketemu orang-orang terus diskusi sambil menikmati air mineral, bir atau kopi. :)


sumber :

## http://padmae.20m.com/intweik.htm

# majalah HAI 33/XVII 24 Agustus 1993

Tidak ada komentar: