Kamis, 05 Agustus 2010

Bagaimana Cara Ekstrak File .rar di Ubuntu??



Pertanyaan sesuai judul di atas pernah saya tanyakan pada diri saya sendiri. Awalnya saya mempunyai file .rar yang tentu saja bila ingin membukanya maka di ekstrak terlebih dulu. Pada waktu itu saya masih pemula sekali dalam Ubuntu, belum mengetahui aplikasi-aplikasi yang akurat seperti pengestrak file .rar ini. Saya sudah install salah satu aplikasinya yang saya temukan melalui Add Remove di Aplikasi yaitu 7Zip. 7Zip ini dapat mengekstrak 12 file arsip yang berekstensi ZIP,Zip64, CAB, RAR, ARJ,GZIP,BZIP2, TAR, CPIO, RPM, ISO & DEB. Selain dapat mengekstrak 12 file arsip, 7Zip ini juga memiliki performa yang sangat bagus karena dibandingkan dengan aplikasi pengekstrak file ZIP lainnya, 7Zip ini unggul 30-50%!. Tanpa basa-basi saya pun install 7Zip ini untuk aplikasi pengekstrak file arsip di Ubuntu saya.

Setelah menginstall 7Zip ini terdapat keanehan yaitu bila mengekstrak suatu file arsip maka terjadi kegagalan seperti sebelum menggunakan 7Zip ini. Sempat berpikir berulang kali apakah ada yang kurang dalam proses installnya?. Saya pun berkali-kali menguninstallnya serta menginstalnya lagi. Setelah puas bermain-main dengan install-uninstall maka berlanjut menjadi detektif dan menyelidikinya bersama Om Google. Selang beberapa lama pengintaian akhirnya menemui titik terang dalam kasus 7Zip ini pada salah satu web yang sayang sekali saya lupa namanya. Pada web tersebut dijelaskan bahwa untuk mengekstrak file arsip di Ubuntu perlu diinstall juga paket unrar. Untuk mencari paket unrar ini bisa dicari di Synaptic Package Manager. Sungguh hal yang kecil seperti paket unrar ini menyebabkan 7Zip tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Tanpa panjang waktu, dengan bermodalkan Terminal langsung saya ketik

sudo apt-get install unrar

setelah selesai proses install langsung saya coba untuk mengekstrak file .rar & hasilnya sukses!. Akhirnya Ubuntu saya bisa mengekstrak lagi file-file arsip yang saya unduh dari internet.

Tidak ada komentar: