Minggu, 01 Agustus 2010

Cara Membuka Usaha Warnet Dengan Cepat Dan Mudah


Anda mungkin sudah pernah mendengar atau mengetahui apa itu “WARNET” warnet itu artinya warung internet atau englishnya Internet Cafe dimana kita/user bisa menggunakan /memakai internet sudah tentu kita harus bayar sesuai dengan lama waktu/time kita menggunakan internet disitu, ada juga yang gratis tapi mungkin kalau kita nebeng di warnet teman atau punya teman yang kerja di warnet.


Anda Tertarik untuk memulai usaha warnet? apalagi di Indonesia yang sekarang ini pengguna internet sudah mencapai Jumlah penduduk Indonesia (sumber internetworldstats) sebesar 224,481,720 dan terus bertambah menunjukkan peningkatan yang cukup baik yaitu sekitar 900% dari tahun 2000 – 2007 sampai sekarang. nah walaupun makin mudah mengakses internet dengan HP tetapi warnet masih menjadi kebutuhan nomor 1 dibandingkan dengan internetan di HP.


Bagi yang memang masih mencari jawaban bagaimana membuka usaha warnet dengan cepat dan mudah dibawah ini banyak cara dan tips membuka usaha warnet dari beberapa sumber dan teman-teman bloggerr.


Anda mungkin sudah pernah mendengar atau mengetahui apa itu “WARNET” warnet itu artinya warung internet atau englishnya Internet Cafe dimana kita/user bisa menggunakan /memakai internet sudah tentu kita harus bayar sesuai dengan lama waktu/time kita menggunakan internet disitu, ada juga yang gratis tapi mungkin kalau kita nebeng di warnet teman atau punya teman yang kerja di warnet. Anda Tertarik untuk memulai usaha warnet? Mari kita melihat point-point yang perlu terutama planning dan pelaksanaannya.

Lokasi

Lokasi is verry important karena disini bisa dijadikan tolak ukur keberhasilan usaha warnet ini, lokasi yang umumnya sangat strategis untuk usaha warnet/internet cafe antara lain dekat lokasi sekolah /kampus, atau dekat dengan pusat keramain (tempat nongkrong), jangan memulai usaha internet di dekat kompleks perumahan/di kompleks perumahan (ini untuk internet lho bukan game centre/game online), karena pada perumahan orang/user pasti sudah memiliki koneksi sendiri di rumah, hal ini mungkin karena mudah dan murahnya harga Bandwith dan instalasi yang ditawarkan oleh ISP, karena di Indonesia sendiri sudah sangat banyak ISP dengan harga bersaing. Bagaimana kalau sekolah atau kampus libur pasti warnetnya sepi kan? Menurut saya ya .. pasti cukuplah sepi, ya namanya juga usaha, ada naik turunnya. Tapi harus tetap semangat, berdoa dan bekerja!, dan jangan lupa memilih kontrakan/tempat untuk usaha warnet harus lah yang layak, jangan sampai user yang online dari warnet kita punya komentar, wah warnet ini hidup segan mati tak mau. Kalau sudah begini, sudah tentu user ini tak akan datang lagi.

Komputer (Hardware & Software)

Untuk komputer (khusus untuk warnet), carilah komputer yang layak namun tidak mahal. Lho, layak tapi tidak mahal itu bagaimana? Ya, carilah sesuai spech dan kebutuhan yang pas karena di warnet/internet cafe pasti user yang datang hanya untuk browsing, menurut pengalaman saya, waktu masih aktif dengan warnet, saya sering memilih jenis processornya AMD, yang setara dengan Pentium III terus untuk RAM kira-kira 256 MB. Karena banyak juga site-site sekarang yang masih banyak tempel image/flash sana-sini, jadi loadingnya butuh space memory yang banyak, dlsbnya. Sedangkan untuk software sebaiknya menggunakan windows XP SP2, disamping sudah friendly, juga cara instalasinya lebih mudah, dan kelebihan-kelebihan dari segi security ataupun plug & play pada drivernya. Untuk lebih jelasnya mengenai security, coba cari di Google atau langsung ke sitenya microsoft. Sedangkan dari segi keamanan PC (software) kita bisa menggunakan Deepfreeze, atau utilities laiinya yang menurut kita penting. Jangan kebanyakan menginstal software yang tidak perlu, karena komputer akan terasa lambat. Masalah lisensi, itu terserah pada anda, kan yang bertanggung jawab nanti bukan saya :)

Network / Jaringan

Karena untuk warnet jadi kita menggunakan topogfari jaringan type STAR sedangankan untuk jenis networknya kita menggunakan jenis LAN (Local Area Network). Yang dibutuhkan (standar) antara lain : HUB (saya memilih SWITCH HUB), 1 PC untuk dijadikan router , dan cable network (sebaiknya dibeli 1 rol untuk persiapan/penggantian kabel nantinya) , ethernet card atau sering disebut LAN card dan juga connector (RG 45). Jika semua sudah dilengkapi , kita memulai membangun LAN untuk warnet kita. Untuk pc yang akan dijadikan router sebaiknya menggunakan Operating system linux, karena lebih stabil. Jika mengalami kesulitan bisa bertanya ke technical support pada ISP yang akan kita sewa koneksinya, biasanya para TS ini dengan senang hati membantunya dan bahkan ada yang menawarkan diri untuk menjadi NA (Network administrator) :), untuk memilih ISP, carilah ISP yang bener-bener profesional, bisa melayani complaint dengan bijaksana, dan harga yang agak sedikit lebih rendah. Kalau ada yang kurang, bisa ditambahin di comment atau join di Mailing List Assosiasi Warnet. Bagi anda yang berdomisili/berniat merintis usaha warnet di Sidoarjo, surabaya dan sekitarnya, silahkan contact saya, dengan senang hati saya akan membantu tanpa di pungut biaya apapun.


Tidak ada komentar: