Minggu, 01 Agustus 2010

Pengalaman Adalah Guru Terbaik

Seiring dengan kecanggihan teknology maka manusiapun berusaha sekuat tenaga untuk mengimbangi kemajuan teknology, segala daya dan upaya terus kita lakukan dengan belajar secara formal maupun informal bahkan otodidak. Belajar memang tanpa batas, karena ilmu pengetahuan terus berkembang sangat cepat, apabila kita tidak berusaha mempelajarinya maka diri kita akan terasing dengan dunia kita sendiri.

Dengan ngeblog sebenarnya kita juga telah belajar banyak tentang berbagai hal sesama blogger, termasuk belajar bagaimana kita tidak tertipu dengan berbagai trik kejahatan dunia maya. Di jagat dunia maya apabila tidak berhati-hati maka akan sangat mudah kita terperdaya oleh rayuan para penipu, Blogger yang notabene adalah kalangan menengah atas dari segi keilmuannya terkadang begitu mudahnya kena tipu. Banyaknya iklan yang menjebak, banyaknya kontes-kontes SEO bodong, banyaknya bisnis online yang bombastis, adalah salah satu bentuk rayuan dunia maya.

Pengalaman adalah guru terbaik karena kita adalah aktornya, Pepatah mengatakan ” Hanya keledai yang terperosok kedua kalinya di lobang yang sama” Rasanya pepatah ini perlu kita renungkan lebih dalam lagi, dan mari kita belajar dari pengalaman yang telah kita alami dan rasakan. Diri kita tidak akan pernah pandai kalau ternyata sebuah pengalaman pahit tidak bisa menjadi sebuah pelajaran.

Tidak ada komentar: